Translate

Struktur Tubuh Cacing Pipih (Platyhelminthes)



⃟ STRUKTUR TUBUH CACING PIPIH  (Platyhelminthes)

cacing pipih (Platyhelminthes) memiliki ukuran tubuh yang beragam. Ukuran tersebut dapat berupa ukuran yang mikroskopis hingga yang makroskopis dengan panjang 20 m seperti pada cacing Taenia solium. cacing pipih (Platyhelminthes) memiliki tubuh yang simetri bilateral yaitu tubuh dapat dibagi menjadi dua bagian yang sama melalui pesawat pusat.

cacing pipih (Platyhelminthes) merupakan cacing yang bersifat tripoblastik aselomata yaitu organisme yang mempunyai 3 lapisan embrionik (ectoderm, mesoderm dan endoderm) dan aselomata yang memiliki arti tidak mempunyai rongga tubuh. Mesoderm pada cacing pipih (platyhelminthes) tidak mengalami spesialisasi sehingga sel-selnya tetap seragam dan tidak membentuk sel khusus.



Sistem pencernaan cacing pipih (platyhelminthes) berupa sistem gastrovaskuler yaitu peredaran makanan tidak melalui darah tapi melalui usus. Sistem pencernaan dimulai dari mulut, faring, dan kemudian kerongkongan. Selain itu cacing ini tidak memiliki anus, sehingga sisa makanan dikeluarkan melalui mulut. Sistem saraf berupa sistem saraf tangga tali. Pada Cacing pipih (platyhelminthes) tingkat tinggi sistem saraf tersusun atas sel neuron yang kemudian terbagi lagi menjadi sel saraf sensori, sel saraf motoris dan sel asosiasi (perantara).

Gbr. Struktur Tubuh Platyhelmintes

Comments

Popular posts from this blog

Sistem Pernafasan Cacing Pipih (Platyhelminthes)

Saluran Pencernaan Planaria sp

(SB 9 Covid-19) Jenis Penampilan Vokal Solo / Tunggal