Translate

Pemuaian Panjang Pada Zat Padat

Pemuaian Panjang Pada Zat Padat

Pemuaian zat padat adalah peristiwa bertambah besarnya ukuran suatu benda padat, karena kenaikan suhu yang terjadi pada benda padat tersebut. Kenaikan suhu tersebut menyebabkan benda memperoleh tambahan energi berupa kalor yang menyebabkan molekul-molekul pada benda tersebut bergerak lebih cepat. Gerakan cepat dari molekul-molekul zat padat akibat dipanaskan ini dapat menyebabkan zat padat memuai ke segala arah.

Pemuaian zat padat contohnya adalah pemuaian yang terjadi pada rel kereta api, pemuaian pada kabel listrik, dan pemuaian kaca jendela. Hampir semua zat padat akan memuai jika dipanaskan. Pemuaian zat padat meliputi pemuaian panjang, pemuaian luas dan pemuaian volume.

Pemuaian Panjang

Pemuaian panjang adalah pertambahan panjang suatu benda akibat pengaruh suhu. Pemuaian panjang termasuk pemuaian satu dimensi.

Untuk menghindari pemuaian panjang pada benda, maka beberapa benda yang dibuat dengan memperhatikan prinsip pemuaian tersebut.

Misalnya pemasangan kabel listrik yang dipasang yang dibuat lebih kendur untuk menghindari pemuaian pada siang hari. Karena radiasi sinar matahari, kabel listrik dapat memuai sehingga jika tidak dipasang kendur akan putus.

Selain itu, contoh lainnya adalah celah pada sambungan rel kereta api. Besi pada sambungan rel kereta, diberi rongga untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Apabila tidak diberi rongga besi rel akan melengkung karena adanya pemuaian karena panas matahari.








Besarnya pemuaian panjang tergantung pada konstanta muai panjang zat dan nilai konstanta untuk tiap zatnya.

Alat Pendeteksi Pemuaian Panjang

Alat yang digunakan untuk menyelidiki pemuaian panjang berbagai jenis zat padat adalah Musschenbroek.

Jika batang logam yang dipasang pada alat  Musschenbroek dipanaskan, maka batang logam akan bertambah panjang.

Akan tetapi, pertambahan panjang batang logam yang satu dengan yang lain berbeda.  Artinya, tingkat pemuaian logam-logam tersebut juga berbeda.

Logam yang paling besar pemuaiannya akan mendorong jarum penunjuk hingga berputar paling jauh, sedangkan logam yang pemuaiannya paling kecil akan mendorong jarum penunjuk berputar paling dekat.

Jika digunakan batang logam aluminium, baja, dan besi maka logam aluminium memuai paling besar, sedangkan besi adalah logam yang memuainya paling kecil.







Berikut ini adalah tabel koefisien muai panjang untuk beberapa jenis zat padat.

   
Rumus  perlu diingat



Comments

Popular posts from this blog

Sistem Pernafasan Cacing Pipih (Platyhelminthes)

Saluran Pencernaan Planaria sp

(SB 9 Covid-19) Jenis Penampilan Vokal Solo / Tunggal