Translate

(SB 8 Covid-19) Musik Ansambel

 

Salah satu bentuk cara memainkan alat musik adalah ansambel. Musik ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik tertentu serta memainkan lagu-lagu dengan aransemen sederhana. Bermain musik secara ansambel memerlukan kerja sama dan kekompakan. Musik ansambel merupakan salah satu jenis musik yang dimainkan minimal terdiri dari tiga jenis alat musik yang berbeda. Harmonisasi bunyi merupakan salah satu kekuatan pada musik ansambel. Ansambel menghasilkan musik yang enak didengar.

Musik ansambel dapat dikelompokkan berdasarkan penyajiannya dan berdasarkan jenis alat musiknya. Berdasarkan penyajiannya, musik ansambel dikelompokkan menjadi dua:

1.  Musik ansambel sejenis, yaitu bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan alat-alat music sejenis. Contoh : ansambel rekorder, ansambel gitar, ansambel pianika, dan ansambel tamborin.

2.  Musik ansambel campuran, yaitu bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan beberapa jenis alat musik atau bermacam-macam jenis alat musik. Contohnya ansambel pianika, gitar, rekorder, triangle, tamborin, dan simbal.

Berdasarkan peranan dan fungsi alat-alat musik yang digunakan, musik ansambel dikelompokkan menjadi tiga macam:

1.  Ansambel melodis, yaitu alat musik yang digunakan berfungsi untuk memainkan rangkaian nada-nada yang merupakan melodi lagu. Contohnya piano, rekorder, pianika, biola, terompet, dan harmonica.

2.  Ansambel ritmis, yaitu alat musik yang digunakan berfungsi untuk mengatur irama sebuah lagu. Contohnya tamborin, drum set, triangle, gong, dan gendang.

3.  Ansambel harmonis, yaitu alat musik yang digunakan bisa berfungsi untuk memainkan melodi lagu dan juga mengatur irama lagu.

Comments

Popular posts from this blog

Sistem Pernafasan Cacing Pipih (Platyhelminthes)

Saluran Pencernaan Planaria sp

(SB 9 Covid-19) Jenis Penampilan Vokal Solo / Tunggal