Translate

(SB 9 Covid-19) Jenis Penampilan Vokal Solo / Tunggal

 

Jenis Penampilan Vokal Solo / Tunggal

Bernyanyi merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi siapa saja yang sedang bahagia, sedih ataupun dalam keadaan yang tidak menentu, karena dengan bernyanyi, hati menjadi terwakilkan lewat alunan music dan lirik lagu yang indah. Ada beberapa jenis penampilan bernyanyi yang sering kita lihat di Televisi ataupun secara langsung di sebuah panggung.ada yang bernyanyi sendiri dengan di iringi music dari CD, ada juga yang tampil dengan band lengkap. Lalu ada juga yang bernyanyi bersama – sama lebih dari dua orang. Semua penampilan tersebut tentunya memiliki keunikan dan sisi menarik yang berbeda,karena memang dari segi persiapan dan sarana pun akan memiliki detail yang berbeda di setiap jenis penampilan. Jenis penampilan vocal solo / tunggal seringkali dinilai penampilan yang paling sederhana dan tidak banyak membutuhkan banyak sarana dan prasarana. Padahal sebenarnya sama saja. Setiap penampilan vocal solo justru memiliki beban yang lebih berat karena seluruh keberhasilan penampilannya sangat tergantung kepada sang vokalis atau penyanyi itu sendiri. 

Materi Vokal

Nyanyikanlah sebuah lagu pilihan bersama, lakukan pengamatan terhadap dua orang tersebut. Dengarkanlah apa saja perbedaan yang dapat kamu dengar. Dari uraian yang telah di buat akan ada perbedaan mendasar terhadap materi vocal yang dimiliki oleh dua orang yang berbeda, yaitu :

1.      Warna Suara / Timbre.

Bunyi atau suara satu siswa berbeda dengan siswa yang lainnya. Hal ini dikarenakan getaran – getaran yang dihasilkan bentuk masing – masing pita suaranya berbeda. Perbedaan ukuran pita suara merupakan pemberian dari Tuhan yang akan menghasilkan frekuensi suara masing – masing juga. Dari perbedaan inilah dihasilkan warna suara yang berbeda. Warna suara ini jika dilatih dengan teknik vocal yang benar akan menghasilkan karakter vocal yang kuat.

2.      Wilayah Nada.

Kemampuan sesorang dalam mencapai ketinggian dan rendahnya nada menyebabkan seseorang memiliki wilayah nada tertentu.setiap orang memiliki wilayah nada yang berbeda – beda sesuai dengan ketebalan pita suara yang dimiliki, juga upaya seseorang itu dalam mengolah teknik vokalnya. Dengan kata lain, wilayah nada seseorang bisa bertambah dan berkurang sesuai dengan intensitasnya dalam berlatih olah vocal. Berikut ini pengelompokkan wilayah nada sesuai ambitusnya, diantaranya :

a.      Suara anak – anak.

Wilayah nada suara laki – laki dan perempuan pada usia anak – anak mempunyai ketinggian yang sama. Perbedaan akan terjadi ketika anak laki – laki beranjak dewasa. ada perubahan wilayah nada berdasarkan perubahan fisik yang mereka alami, misalnya tumbuhnya jakun di leher laki – laki. Batas wilayah nada yang dimiliki anak – anak adalah sebagai berikut :

1.      Suara anak – anak tinggi, wilayah nadanya c’ – f’

2.    Suara anak – anak rendah, wilayah nadanya a – d”

b.      Suara wanita :

1.      Sopran : Suara tinggi wanita, wilayah nadanya c’ – a”

2.    Mezzo Sopran : Suara sedang wanita, wilayah nadanya  a – f”

3.    Alto : Suara rendah wanita, wilayah nadanya f – d”

c.       Suara Pria :

1.      Tenor : Suara tinggi pria, wilayah nadanya c – a”

2.    Bariton : Suara sedang pria, wilayah nadanya a – f’

3.    Bass : Suara rendah pria, wilayah nadanya f – d’

Comments

Popular posts from this blog

Sistem Pernafasan Cacing Pipih (Platyhelminthes)

Saluran Pencernaan Planaria sp